. Ndi …

They may forget Ur Good deeds, Just do Good…

PHP for Lazy Programmer #2

leave a comment »

Wahai “Programmer PHP Pemalas”

Anda harus punya kursi malas, kalo belum punya, coba berinvestasi dengan membelinya.

Supaya cukup waktu bagi anda untuk bermalas-malasan di kursi malas, anda harus menyelesaikan waktu yang lebih singkat dalam penulisan program anda.

Persiapan untuk Menulis Script dengan Cepat

  1. Pastikan keyboard dan mouse anda berfungsi dengan baik. Berat rasanya kalau ada salah satu keynya macet, apalagi key $ untuk tulis variable, kalau gak bisa ketik $ bagaimana dapat dollar?
  2. Saya percaya, kebanyakan dari anda tidak bisa mengetik dengan 10 jari. Tetapi, jangan khawatir, untuk mengetik cepat anda cukup gunakan lima jari.
    • jempol kanan untuk tekan space
    • telunjuk kanan untuk ngetik area key kanan
    • telunjuk kiri ngetik area key kiri
    • jarimanis kiri untuk mencet SIFT
    • jarimanis kanan untuk mencet ENTER
  3. Tetapi kembali kepada kebiasaan anda dalam mengetik, jangan mendadak belajar menggunakan 5 jari gara-gara baca tips ini, 2 jari pun cukup sebagai modal awal menjadi “pemalas yang banyak duitnya”.
  4. Usahakan script anda pake hurup kecil semua. Meskipun VARIABLE boleh ditulis hurup besar, abaikan kebolehan itu. Keuntungan dari ini adalah:
    1. mengurangi kemungkinan salah ketik, karna untuk mengetik hurup besar anda perlu tekan SHIFT.
    2. saya termasuk orang yang senang mengikuti konvensi, karena itu untuk penulisan CONSTANTA gunakan CAPSLOCK.
  5. Sayangnya PHP hadir dengan variable yang diawali $. Kalau anda mampu menggantinya dengan Rp, gantilah. Seperti orang Jepang mengganti prompt DOS dengan Yen. Ini hanya intermezo. Yang saya maksud adalah tanda $ adanya di key yang memaksa anda tekan SHIFT.
    1. Cobalah download software yang dapat memprogram keyboard anda sehingga anda bisa menempatkan tanda $ di key yang tak perlu tekan SHIFT, misalnya di ALT.
  6. Jangan duduk terlalu lama, 1 jam sudah terlalu lama, cobalah bangkit dan jalan sebentar untuk memberi kelegaan pada kaki, lengan, pantat dan pikiran. Jangan sampe istirahat anda di rumah sakit karena wasir, kram, dan lain-lain.
  7. Sediakan minuman secukupnya, di depan monitor anda akan cepat kehausan, karna anda berlari dari satu jendela ke jendela lain, dari satu situs ke situs lain, dan energi monitor menyerap kerongkongan anda.
  8. Gunakan monitor LCD/TTF selagi mampu, selagi nggak mampu, bayangkan suatu ketika anda mampu. Namun selama anda menggunakan monitor CRT, setlah Resolusi dan Frequesinya agar nyaman di mata.
    Kalau monitor anda terasa bergetar, cepatlah sesuaikan, caranya: getarkanlah kepala anda sesuai dengan frekwensi getaran layar monitor🙂

Persiapan Menulis Script PHP dengan cepat

  1. Siapkan buku LOG anda.
  2. Gunakan software editor yang mendukung PHP, seperti Zend Studio, PHP NuSphere, PHPExpert, dsb. Contoh yang salah: Anda membuat script php menggunakan FrontPage! Lebih menyedihkan lagi pake Ms Word.
  3. Aktif-kan PHP manual, SQL Manual, dan Script Library anda.
  4. Mulailah menulis berdasarkan catatan terakhir di LOG anda.
  5. Sesudah selesai, jangan lupa catat lagi status terakhir programming anda di LOG anda.

Tambahan penting …

  1. Pastikan sistem pengembangan PHP anda bekerja dengan baik dan settingnya sesuai yang dibutuhkan/diinginkan, seperti extension, global variable, session, dsb.
    • Sistem PHP tersebut meliputi Apache yang mendukung PHP, MySQL, dan browser. Saya anjurkan anda menyimpan source instalasi software, petunjuk instalasi dan manual masing-masing software dalam satu directory, dengan demikian anda mudah menemukannya kalau mau install ulang, atau mau membakarnya ke CD.
  2. Seandainya anda belum pernah menginstal PHP, baca petunjuk instalasi yang saya taruh di direktori Files/Tutorial di milis group ini. Saya malas menulis ulang di sini. Harap segera download file tersebut, sebelum saya berubah pikiran. Kalau ada kesalahan dari apa yang saya tulis, harap kabari saya.
  3. Saya anjurkan anda menginstal satu per satu. Sehingga jika ada versi terbaru dari masing-masing software PHP, Apache dan MySQL, anda akan lebih mudah melaksanakannya. Saya tidak anjurkan untuk menggunakan software paket yang mengistal segalanya sekaligus. Meskipun untuk alasan malas, ini sangat masuk akal.
  4. Mengapa tips ini penting, karena banyak kasus ERROR yang disebabkan oleh masalah instalasi dan setting. Jadi memiliki kompetensi meng-install dan men-setting adalah keharusan bagi Lazy Programmer. Kalau anda “OOT” cari programmer, ngetesnya gampang, suruh install dan setting Sistem PHP.

Huda M Elmatsani

Written by ndi

March 26, 2009 at 8:09 pm

Posted in PHP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: